Idries Shah - Sang Juru Bicara Tasawuf di Barat

Idries Shah (16 Juni 1924 – 23 November, 1996) juga dikenal sebagai Idris Shah, adalah seorang penulis dan guru sufi yang menulis lebih dari tiga lusin buku mengenai topik psikologi, spiritualitas, dan studi budaya.

Idries Shah lahir di India, keturunan dari keluarga bangsawan Afghanistan. Shah tumbuh besar di Inggris. Tulisan-tulisan awal Idries Shah berpusat pada hal-hal yang mistis. Pada 1960 ia mendirikan perusahaan penerbitan sendiri, Octagon Press, yang menghasilkan berbagai terjemahan Sufi klasik dan hasil karya Idries Shah sendiri. Pada tahun 1964, Idries Shah mengarang buku berjudul “The Sufies“ yang diakui secara internasional.

Pada tahun 1965, Idries Shah mendirikan “Institute for Cultural Research”, sebuah lembaga pendidikan yang didirikan di London dalam bidang pembelajaran perilaku manusia dan kebudayaan. Lembaga yang serupa, didirikan Idries Shah di Amerika Serikat dengan nama Study of Human Knowledge (ISHK). Lembaga ini didukung oleh Profesor Psikologi Universitas Stanford, Robert Ornstein. Sang professor kemudian ditunjuk sebagai wakil Idries Shah di Amerika.

Dalam tulisan-tulisannya, Idries Shah mengungkapkan bahwa Sufisme adalah sebuah bentuk kebijaksanaan universal yang bahkan mendahului munculnya Agama Islam. Idries Shah juga menekankan, bahwa ajaran sufi tidaklah statis, akan tetapi sedemikian luwes dan selalu dapat diadaptasikan dengan situasi, tempat, dan keberagaman manusia. Dalam mengajarkan pemikiran sufi, Idries Shah sendiri membingkainya dengan istilah-istilah psikologi barat.

Idries Shah secara ekstensif menggunakan pengajaran dalam bentuk cerita dan perumpamaan. Tulisan-tulisannya mengandung banyak makna berlapis-lapis yang dirancang secara khusus untuk memicu pemahaman dan refleksi diri para pembacanya. Idries Shah barangkali adalah orang yang memiliki koleksi cerita Mullah Nasruddin Hoja yang terbanyak diantara yang lain.

Idries Shah diakui banyak kalangan sebagai juru bicara sufism di Barat. Beliau mengajar sebagai dosen tamu di sejumlah universitas barat. Karya-karyanya memainkan peranan penting dalam memperkenalkan tasawwuf sebagai bagian dari kearifan spiritual.

BUNGA RAMPAI SUFISM

Idries Shah telah menjelajahi tiga benua bertahun-tahun lamanya untuk mengumpulkan dan membandingkan versi lisan kisah-kisah yang mengagumkan ini. Dengan pelbagai cara, banyak diantara kisah ini telah menyusup ke dalam tradisi sastra Barat dan Timur.

Bunga rampai ini dukumpulkan dalam 3 buah buku, yakni: Mahkota Sufi (The Sufis), Jalan Sufi (The Way of the Sufi), dan Kumpulan Cerita Sufi. Penuturan ketiga buku ini disampaikan menurut cara Sufi, berisi kisah-kisah yang dipilih dari reporter guru-guru Sufi selama lebih dari seribu tahun terakhir ini.

Karya-karya Idries Shah secara lebih komprehensif dapat dilihat di website sufis.org (en).